X

Menjaga Nafas Tetap Segar di bulan Ramadhan

Articles 20 Okt 2017

Gimana puasanya Oatlovers? Udah mau masuk ke minggu terakhir Ramadhan nih! Apa aja kendalanya puasa-puasa kemarin? Pasti yang banyak dikeluhkan adalah bau mulut yang nggak segar dan membuat kita nggak pede ya, Oatlovers! Berpuasa sebenarnya masih bisa kok kita menjaga nafas kita agar tetap segar, ikutin cara ini deh! #OATTips #‎EverydayIsHealthy

1. Tetap rutin sikat gigi

Ini penting Oatlovers, jangan karena puasa jadi kita tidak sikat gigi. Saat sikat gigi bisa diganti pada saat setelah saur dan sesudah berbuka. Tapi jika kita tetap ingin sikat gigi saat siang ketika berpuasa juga tidak apa-apa kok, karena niatnya kan untuk kebersihan dan kesehatan bukan untuk menyegarkan saat berkumur 😀

2. Mengkonsumsi air putih

Pemicu paling utama timbulnya nafas tidak segar di mulut, yaitu karena dehidrasi serta kurangnya cairan pada tubuh. Karena itu, cukupi konsumsi air putih saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur, supaya dehidrasi tidak datang dan bau mulut tidak menyerang.

3. Konsumsi teh hijau saat sahur dan berbuka

Metilmerkaptan (CH3SH) merupakan komponen utama yg bertanggung jawah pada nafas dan bau mulut yg tidak sedap. Senyawa sulfur ini dihasilkan oleh bakteri anaerobik dalam mulut. Katekin teh terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut tadi sehingga jumlah metilmerkaptan menurun. Dengan konsumsi satu cangkir teh hijau setelah makan, konsentrasi katekin yang diperoleh sekitar 500-1000 ppm, sudah cukup untuk menyegarkan nafas dan mulut.

4. Hindari bawang

Untuk hindari nafas tidak segar ketika puasa, jauhi makanan yang memiliki kandungan bawang ketika sahur. Bau dari bawang yang menyengat, dapat bertahan di mulut serta menjadikan nafas Anda tidak enak, yang tidak gampang hilang walau telah menggosok-gosok gigi..

Nah, sekarang kita gak perlu takut lagi sama bau mulut saat berpuasa. Ibadah puasa sudah pasti banyak manfaatnya bukan malah membuat penyakit. Asal kita tau cara menjalani dan mengatasinya. Tetap semangat untuk puasanya ya, Oatlovers!

Share this

Related Article

Merawat Lensa Kontak

Articles 20 Okt 2017

Saat ini ada banyak orang yang lebih memilih memakai lensa kontak daripada memakai kacamata.

Read More

4 Makanan untuk Membantu Detoksifikasi

Articles 25 Okt 2018

Ada banyak teknik yang dapat kamu ikuti dan suplemen yang dapat kamu minum untuk

Read More

5 Manfaat dari Biji Selasih

Articles 11 Apr 2019

Halo Oatlovers! Taukah bahwa biji selasih dikenal sebagai bahan pelengkap dalam sajian minuman ternyata

Read More

Positive Thinking Bukan Hal yang Susah Kok!

Articles 13 Jul 2017

Berpikir positif memang tidak selalu menjamin keadaan Oatlovers berubah menjadi lebih baik, tapi coba

Read More